Selasa, 29 Maret 2016

Resensi Buku Cinta Lingkungan Hidup

        Buku yang berjudul Cinta Lingkungan Hidup merupakan buku karya Tubagus Fajar yang diterbitkan oleh  Ganeca Excart. Buku ini menceritakan Yusuf yang berpetualang dan melakukan berbagai kegiatan yang positif bersama kedua sahabatnya yaitu Yahya dan Anwar. Cerita Yusuf dan sahabat-sahabatnya merupakan bagian kecil dari praktek lingkungan hidup.

     Di dalam buku Cinta Lingkungan Hidup, menceritakan Yusuf dan keluarganya adalah keluarga sederhana, tetapi memiliki budi bahasa yang baik serta terpuji walaupun kehidupan mereka sederhana . Mereka hidup bahagia hubungan mereka rukun serta tentram. Dalam cerita ini, Yusuf berusaha sedapat mungkin mempraktikan sila dari pancasila.Biarpun ia masih kecil, tetapi telah berusaha mengamalkan pancasila dengan kemauannya. Berkat kebaikan serta keramahtamahannya ia mempunyai banyak kawan serta sahabat. Cerita dalam setip bab sangatlah menarik seperti, keberanian Yusuf pada saat memperingati 17 Agustus Yusuf mendaki gunung tangkuban perahu, ia juga menangkap pencuri kambing dan masih banyak lagi keberanian keberanian Yusuf.

        Yusuf juga telah dapat mengamalkan pancasila, seperti ikut bergotong royong, menyanyangi makhluk hidup, menolong orang buta dan masih banyak hal hal baik lainya yang yusuf kerjakan. Pada awalnya sahabat dekat Yusuf hanyalah Yahya. Namun setelah Anwar masuk ke Kampung  Pasirjati mereka menjadi sahabat baik mulai saat itu. Yusuf juga sering diajari oleh kakenya yaitu Kakek Martasik untuk selalu senantiasa berbuat baik dan mengamalkan setiap sila dalam pancasila dalam cerita ini Yusuf sangat di sukai oleh warga pasir jati, karena yusuf sering membantu masyarakat sekitar
.
       Buku Cinta Lingkungan Hidup memanglah sangat bagus terlebih tubagus Fajar menyajikan setiap kejadian seperti nyata dan kita ikut merasakan setiap kejadian yang di alami oleh Yusuf dan sahabat sahabat nya. Dengan membaca buku ini, kita akan mengetahui bagaimana mempraktekan setiap sila dalam pancasila. Pada buku ini terdapat hal hal positif yang dapat kita tiru, tetapi ada juga hal negatif yang tidak boleh kita tiru seperti pada bab yang berjudul ‘’anak baru, datang ke kampung’’ dalam judul ini menceritakan yusuf berkelahi dengan dua orang anak .Perilaku tersebut sangatlah tidak terpuji , jadi kita tidak boleh mengikuti perilaku tidak terpuji tersebut.


        Buku Cinta Lingkungan Hidup harus mendapatkan apresiasi dari setiap pembacanya, karena hal- hal positif yang terdapat di dalam buku ini. Kita juga harus senantiasa mengikuti Yusuf, agar kita dapat mengamalkan setiap sila dalam pancasila dari lingkungan terkecil dan juga dengan perbuatan yang dapat kita lakukan dan tentu saja yang berguna dan bermanfaan bagi diri sendiri ataupun orang lain.
Posted on by Daffa Naufaldi Al Rasyid | No comments

0 komentar:

Posting Komentar